Home / Berita / 11 Destinasi Wisata Pontianak Yang Wajib Anda Kunjungi

11 Destinasi Wisata Pontianak Yang Wajib Anda Kunjungi

By Administrator Pada Kamis, 28 November 2019  12:52:27 WIB - dibaca 211 kali

Selamat datang di Pontianak. Jika Anda mencari informasi tempat wisata yang wajib dikunjungi di Pontianak, Anda berada di halaman yang tepat hehe. Kali ini Brother Tour memberikan rekomendasi 10 tempat wisata Pontianak yang wajib dikunjungi di Pontianak. Baiklah, langsung saja ya, ini dia :

10 Tempat Wisata Pontianak yang Wajib Dikunjungi

1. Tugu Khatulistiwa

Tugu Khatulistiwa dikenal sebagai ikon sejarah Kota Pontianak. Letak Tugu Khatulistiwa di Jalan Khatulistiwa, Kecamatan Pontianak Utara, Kalimantan Barat. Tahun 1928 tugu ini dibangun, tentunya dengan perhitungan ilmu astronomi.

Tahukah hanya ada 12 negara di dunia yang dilintasi garis khatulistiwa. Kota Pontianak adalah satu-satunya kota yang persis memisahkan belahan bumi utara dan selatan. Jika Anda mengunjungi Tugu Khatulistiwa, Anda tepat berada di titik tersebut.

Jika ingin melihat fenomena alam yaitu bayangan tugu dan benda-benda lain disekitarnya akan menghilang dalam waktu beberapa detik. Momen ini dinamakan Titik Kulminasi. Fenomena ini berlangsung setiap tanggal 21-23 Maret dan 21-23 September di Tugu Khatulistiwa.

2. Aloe Vera Center Pontianak

Nah, buat Anda yang suka dengan lidah buaya atau aloe vera, wajib singgah ke Aloe Vera Center. Tempat wisata ini merupakan kawasan agro wisata, letaknya di Jalan Budi Utomo, Siantan Hulu, Kecamatan Pontianak Utara.

And bisa melihat sendiri bagaimana tanaman lidah biaya ini diolah tentunya secara higienis. Bermacam-macam jenis makanan olahan khas dari Aloe Vera Center seperti : dodol, jelly, minuman sari lidah buaya, teh, cokelat serta berbagai produk kecantikan.

Aloe Vera Centre

3. Masjid Raya Mujahidin

Dimasa awal pembangunan Masjid Mujahidin merupakan Masjid kebanggaan umat muslim di Kalimantan Barat. Masjid ini juga menyimpan sejarah perjuangan yang panjang. Masjid Mujahidin diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo pada hari Selasa, 20 Januari 2015. Masjid Mujahidin merupakan Masjid terbesar di Kalimantan Barat. 

Arsitektur khas Kalimantan Barat tersaji indah ketika kita memasuki bagian dalam masjid.

Masjid Raya Mujahidin

4. Rumah Radakng, Rumah Betang Terbesar di Indonesia

Rumah Radakng merupakan sebutan untuk rumah panjang (longhouse) suku Dayak Kanayatn di Kalimantan Barat. Salah satu ikon Kota Pontianak yang berdampingan dengan Rumah Melayu Kota Pontianak ini terletak di Komplek Perkampungan Budaya di Jalan Sutan Syahrir, Kota Baru, Pontianak.

Jika kita memasuki kawasan Rumah Radakng kita akan langsung melihat 6 tiang besar di depan Rumah Radakng. Burung Enggang Gading yang menjadi simbol kegagahan dan kekuatan Suku Dayak di Kalimantan Barat ini berada di atasnya.

Mengapa rumah Suku Dayak dibangun berbentuk panggung? tujuannya adalah untuk melindungi keluarga dari serangan binatang buas dan antisipasi jika banjir terjadi.

Rumah Radakng

5. Gereja Katolik St. Yosef

Gereja Katedral Santo Yosef Keuskupan Agung Pontianak merupakan gereja tertua di Kalimantan Barat. Gereja ini didirikan pada tahun 1908 oleh Prefek Apostolik Dutch Borneo Mgr. Pacificus Bos, OFMCap dan diberkati setahun kemudian tepatnya 9 desember 1909. Hingga waktu pada 17 november 1918 Mgr. Jan Pacificus Bos, OFMCap ditahbiskan menjadi Uskup Tituler Capitolias sehingga nama paroki berubah menjadi paroki Katedral.

Gereja ini dibangun kembali pada tahun 2011 hingga selesai pada tahun 2014 yang diresmikan langsung oleh Gubernur Kalbar Drs. Cornelis, MH.

Gereja St. Joseph Katedral

6. Taman Alun-Alun Kapuas

Ingin rekreasi bersama keluarga, Anda wajib mengunjungi Taman Alun alun Kapuas. Alun alun Kapuas adalah sebuah taman yang menjadi objek wisata yang sangat digemari warga Pontianak.

Taman Korem adalah nama lain dari taman ini. Warga Pontianak sering menyebut demikian karena letak taman ini tepat berada di depan kantor KOREM atau Komando Daerah Militer XII/Tanjungpura. Taman ini terletak di pinggiran sungai kapuas di Jalan Rahadi Usman Pontianak.

Di taman ini sering diadakan event-event besar seperti Festival Meriam Karbit, perayaan malam tahun baru dan event lainnya. Pengunjung juga bisa berkeliling sungai dengan kapal Galaherang sambil menikmati kuliner di atas kapal.

Taman Alun-Alun Kapuas

7. Keraton Kesultanan Kadariah

Keraton Kesultanan Kadariah terletak di Kampong Dalam Bugis, Kecamatan Pontianak Timur. Masih tersimpan berbagai macam benda peninggalan di tempat ini.  Seperti Singahsana, Kaca Pecah Seribu, Al-Quran tulisan tangan dan silsilah keturunan Sultan Pontianak dari sultan pertama, Sultan Sharif Abddurahman Alkadrie hingga kepada sultan kedelapan, Sultan Syarif Hamid Alkadrie yang memerintah pada tahun 1945.

Keraton Kadariah juga masih memiliki koleksi benda- benda bersejarah yang cukup lengkap seperti beragam perhiasan yang digunakan secara turun temurun, benda-benda kuno, barang pecah belah, foto keluarga Sultan dan arca- arca.

Keraton Kesultanan Kadriyah

8. Masjid Jami Pontianak

Masjid Sultan Abdurrahman berada di dalam lingkup Kampung Beting, Kelurahan Dalam Bugis Kecamatan Pontianak Timur, Kota Pontianak, provinsi Kalimantan Barat. Tepatnya terletak di komplek keraton. Masjid Jami Kesultanan Pontianak pertama kali dibangun oleh sultan pertama sekaligus pendiri Kesultanan Pontianak, Sultan Syarif Abdurrahman Alkadrie.

Masjid ini merupakan sejarahnya Kota Pontianak dan untuk penggemar sejarah wajib datang ke Masjid Jami jika berkunjung ke Pontianak.

Masjid Jami Pontianak

9. Rumah Adat Melayu Kalimantan Barat 

Rumah Adat Melayu yang terletak di Jl. Sutan Syahrir  ini merupakan sebuah pusat kebudayaan Melayu yang terdapat di daerah tersebut. Rumah Adat ini pun dapat dinikmati keindahannya oleh berbagai wisatawan, baik dari domestik maupun mancanegara. Bangunan adat ini memiliki bagian atap yang kabarnya mendapatkan pengaruh dari bentuk atap bangunan Jawa yang berbentu segitiga. Bentuk atap di design sedemikian rupa agar udara panas tidak serta merta terperangkap didalam ruangan dalam rumah adat tersebut, sehingga kondisi dalam rumah menjadi lebih dingin. Rumah terbentuk dari material kayu khas Pontianak yaitu kayu Ulin dan di design dengan warna kuning yang merupakan warna khas Suku Melayu yang menandakan masa Keemasan atau Kejayaan. 

Rumah Adat Melayu Pontianak

 

10. Museum Negeri Provinsi Kalimantan Barat 

Museum Provinsi Kalimantan Barat adalah sebuah museum yang berlokasi di Jl. A. Yani Pontianak. Museum ini menyimpan berbagai benda-benda bernilai historis yang ada di Provinsi Kalbar, salah satunya adalah peninggalan sejarah dari peradaban berbagai jenis suku bangsa yang ada di Kalbar yaitu : Suku Melayu, Dayak dan Tiongoa. Jam operasional museum yaitu pada hari Selasa - Minggu Buka jam 08.00 dan Tutup pada jam 14.00. Khusus pada hari Jumat jam 08.00 - 11.00 dan 12.30 - 14.00. Sedangkan Hari Senin dan Libur Nasional Tutup.

Museum Negeri Provinsi Kalbar

 

11. Pusat Souvenir Pontianak

Nah, setelah puas jalan-jalan di Kota Pontianak kurang lengkap rasanya jika tidak membawa oleh-oleh untuk orang-orang terkasih. Cukup mudah mencari souvenir atau oleh-oleh di Pontianak. Semua tersedia di komplek ruko Pusat Souvenir Pontianak di jalan Patimura Pontianak.

Harga yang ditawarkan juga murah meriah, mulai Rp 5000 Anda bisa berburu souvenir untuk jadi buah tangan. Ada gantungan kunci, batik khas Kalimantan Barat, gelang-gelang, tas, batu kecubung batu akik dan masih banyak lagi.

PSP

Itulah 11 Tempat Wisata di Pontianak rekomendasi Brother Tour untuk Anda kunjungi saat liburan di Kota Pontianak. Kami juga menyediakan jasa paket tour Wisata Pontianak. Info Lebih Lengkap Silahkan Contact Kami melalui Telepon / WA di 081256985910. Sampai jumpa di Pontianak.